RSS

HUBUNGAN ANTARA ASEAN, ASIA TIMUR RAYA, EU DAN NAFTA.


rumusan singkat BAB II


        Ada beberapa perbedaan mendasar antara ASEAN, Asia Timur Raya, EU dan NAFTA.
 


- pertama dari segi hak untuk menjalin kerjasama dengan negara di luar asosiasi. Kalau UE dan NAFTA merupakan integrasi tertutup, diASIA merupakan integrasi terbuka. Dengan kata lain negara anggota BEBAS untuk mengadakan perjanjian perdagangan di luar asosiasi ASIA. adapun regionalisme di Asia tidak mengedepankan ikatan geografis sebagaimana Uni Eropa saat ini maupun NAFTA.
 


- kedua adalah dari segi pengambilan keputusan. ASIA mengenal yang namanya konsensus yang fleksibel sedangkan UE atau NAFTA tidak. UE, NAFTA mempunyai hirarki pengambilan keputusan yang lebih jelas dan efektif. regionalisme Barat mengedepankan prinsip-prinsip dan nilai neofungsionalisme dan neoliberalisme dalam regionalisme mereka. Hal ini sama dengan regionalisme Asia yang mengedepankan toleransi, penerimaan terhadap pihak politik dominan di masing-masing negaranya.
 


- Ketiga, dari segi kedaulatan anggota juga berbeda. ASIA mengenal sebuah Traktat Amity dan Kerjasama (TAC). Prinsip dasar dari traktat ini adalah saling menghargai kedaulatan dan urusan dalam negeri semua Negara anggota. Walau UE dan NAFTA juga menghargai urusan dalam negeri negara anggota, tapi hanya untuk urusan yang tidak diatur dalam traktat-traktat UE, NAFTA yang sudah diratifikasi. Untuk urusan perjanjian dagang dengan pihak luar misalnya, UE dan NAFTA merupakan satu entitas politik. Menteri perdagangan dan luar negeri negara anggota tidak punya hak misalnya melakukan perjanjian dagang dengan negara non UE atau NAFTA. Inilah yang dimaksud dengan kekuatan supranasional yang tidak dimiliki oleh ASIA.
 


- keempat adalah dari segi fase integrasi. UE dan NAFTA memilih langkah yang lebih teratur sesuai dengan fase-fase yang terukur dan revolusioner sedangkan ASIA menempuh langkah yang bersifat anginan dan tidak mengikuti fase integrasi yang normal. Sebagai contoh, UE sudah melampaui fase pasar tunggal dimana daerah perbatasan (pabean) adalah satu begitupun NAFTA merupakan area perdagangan bebas terbesar kedua setelah UE, sedangkan ASIA melalui fase yang berkutat pada penurunan tarif perlahan dan tidak mengindahkan konsep ”single market” dalam kurun waktu yang cukup lama.


intisari: regionalisme Barat masih lebih unggul daripada Asia, dikarnakan regionalisme (UE dan NAFTA) telah melalui proses maturisasi institusi yang lebih panjang dan kompleks daripada regionalisme di Asia. masih jauh dan mungkin mustahil Bagi regionalisme Asia untuk benar-benar independen dari pengaruh regionalisme UE dan NAFTA. Namun demikian, antara ASEAN, Asia Timur Raya, EU dan NAFTA. punya kesamaan visi bahwa dengan kerjasama regional lah perdamaian, keamanan dan pertumbuhan ekonomi kawasan dapat tercapai.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 catatan nieajah. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates