RSS

KARAKTERISTIK OTAK KANAN DAN OTAK KIRI.


       usut kena usut jadi pengen nyebarin cara berpikir seseorang perbedaan otak kanan dan otak kiri diilustrasikan sebagai berikut: prinsip kerja otak kanan adalah selalu dinamis, bagian ini paling suka dengan tantangan dan perubahan, tidak terduga, spontan dan berubah-ubah berbeda dengan prinsip kerja otak kiri yang lebih terukur dan terencana, lebih matematis lebih detail atau lebih singkatnya: otak kiri lebih suka melakukan hal-hal yang sama dengan cara yang sama, hal ini tentunya sangat bertentangan dengan otak kanan yang sangat suka dengan perubahan dan tantangan. Perbedaan ilustrasi antara otak kiri dan otak kanan dapat kita lihat pada dua profesi yang berbeda yaitu karyawan dan pengusaha.

 

           Karyawan adalah profesi yang lebih mengandalkan keahlian teknis yang detail, nyaman dengan zona aman, butuh fokus, kurang suka perubahan dan tantangan. Berbeda dengan profesi pengusaha yang selalu dinamis dengan perubahan, kurang menguasai hal-hal teknis, tidak terlalu fokus pada hal-hal detail. Karyawan adalah interprestasi otak kiri sedangkan Pengusaha adalah interprestasi otak kanan. 

                 Fungsi otak kanan adalah divergen, analogi, kukuh, imaginatif, asosiatif, intuitif, majmuk, holistik, subjektif, serentak, fleksibel, kreatif, visual, carian pola. Sedangkan fungsi otak kiri adalah konvergen, digital, abstrak, proporsional, analitik, linier, sekuensial, analitik, objektif, satu-satu, kaku, matematikal, verbal, pengguna pola. 

Si otak kanan berkarakter humoris, simple, menyenangkan, boros, lebih percaya intuisi, berantakan-kacau, idea = ekspresi diri, lebih memilih perasaan sebagai penyelesaian masalah, suka bertualang, bermimpi besar, tukang sorak, "pelanggar peraturan", spontan. 

Si otak kiri berkarakter serius, rumit, membosankan, hemat, lebih percayai fakta, rapi-terancang, idea = keuntungan, lebih memilih keilmuan, hati-hati, berpengetahuan am, penyokong diam, pembuat Peraturan, konservatif, mudah ditebak. 

          Selama ini kebanyakan kita terbiasa menggunakan otak kanan dalam segala kegiatan, padahal yang diinginkan adalah keseimbangan antara dua otak tersebut. Maka kita perlu mengadakan perubahan kecil dengan merubah pola itu.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 catatan nieajah. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates